Hasanah Yusriyah
Npm 23213968
kelas 1EB18
Pemasaran
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang
atau jasa
dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia
inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product),
penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang
(promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini
sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju.
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha
menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang
fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan
yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.
Jenis-jenis
pasar
a. Monopsoni
---> adalah keadaan dimana terdapat banyak penjual atau produsen yang
menawarkan hasil produksinya, tetapi hanya ada satu pembeli tunggal yang
menguasai pasar, sehingga harga ditentukan oleh pembeli tunggal tersebut.
b. Monopoli ---> Pasar monopoli timbul jika penawaran
atas sejenis barang dikuasai oleh satu organisasi atau perusahaan. Barang yang
dimonopoli tersebut tidak ada substitusinya. Oleh karena itu, pemegang monopoli
dapat mengatur tinggi rendahnya harga jual.
c. Oligopsoni ---> adalah suatu keadaan dimana dalam
suatu pasar hanya terdapat dua konsumen atau pembeli.
d. Oligopoli ---> adalah
pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menguasai pasar. Pada pasar
oligopoli dapat ditemukan tindakan atau sikap produsen yang berbeda-beda.
e. Pasar
Konsumen ---> Sekolompok pembeli yang membeli
barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
f. Pasar
Industri ---> Pasar yang terdiri individu dan
lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik lansung
maupun tidak langsung, dalam
memproduksi barang lain kemudian
dijual.
Konsep-konsep
inti pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar.
Manajemen
pemasaran
Bauran
pemasaran
Jerome
Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004)merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P:
a. Product (Produk) ---> Merupakan bentuk penawaran
organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan
dan keinginan pelanggan.
b. Price (Harga) ---> Bauran harga berkenaan dengan
kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat
pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan.
c. Promotion (Promosi) ---> Bauran promosi meliputi berbagai
metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan
Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam
rangka menjual produk ke konsumen.
d. Saluran Distribusi (Place) ---> Merupakan keputusan distribusi
menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana
produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan
konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
Tujuan sistem pemasaran
a. Memaksimalkan
konsumsi
b. Memaksimalkan kepuasan konsumen
c. Memaksimalkan pilihan
d. Memaksimalkan kualitas hidup
Pendekatan dalam mempelajari
pemasaran
a. Pendekatan Seba Fungsi
Dari
apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu: pembelian, pengangkutan, penjualan,
penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading,
pengumpulan informasi pasar.
b. Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat
dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal: produsen,
suplier, perantara dagang dll.
c. Pendekatan Serba barang (Pendekatan
Organisasi Industri)
Studi
tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau
konsumen industri.
d. Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat
dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
e. Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Disini saya akan memberi contoh dari pemasaran
mengenai Pasar Industri
Pasar Industri Mebel Jepara
Pasar
Industri Mebel Jepara mempunyai ciri atau karakteristik sebagai berikut :
Menggunakan bahan baku kayu jati sebagai bahan baku utama, 80% desain mebel
merupakan hasil pekerjaan tangan pengrajin (hand made), sekitar 20% pengerjaan
komponen mempergunakan mesin yang meliputi : pekerjaan pemotongan dan
pembelahan, pekerjaan penghalusan permukaan (sanders), dan pekerjaan finishing
. Ciri lain dari produk mebel jepara yaitu umumnya bentuk mebel di hiasi motif
ukiran bebentuk flora, hasil perpaduan dari motid tradisional (lokal) dengan
motif asal persia yang berkembang sekitar abad ke 7 pada awal mas penyebaran
agama islam dan selama pendudukan koloni di nusantara . selama masa
perkembangannya hingga kini furniture jepara di produksi dalam berbagai model
disain di antaranya mulai dari tipe klasik, tradisional, hingga modern .
berikut beberapa contoh barang buatan pengrajin mebel jati jepara.
Gambar 1 . Beberapa tipe produksi
mebel jepara
Produksi mebel jepara pada masa sekarang yang di ambil dari
tipe atau desain mebel yang pernah berkembang pada masa sebelumnya .
sebagaimana mebel gaya victoria, gaya persia dan gaya edwardian sering di
produksi kebali oleh para pengrajin furniture jepara . produksi berbagai gaya tersebut
biasanya dilakukan atas dasar pesanan atau perjanjian kerja sama dengan pihak
desainer dari negara tertentu, yang menugaskan pihak produsen atau pengrajin
asal jepara untuk memproduksi desain hasil rancangannya . tipe mebel yang paling
banyak di reproduksi yaitu bentuk kursi tanpa ukiran, seperti contoh : kursi
teras, kursi makan, kursi santai, dan kursi tamu ala mebel jepara .
Gambar 2 . Desain kursi makan, kursi
santai dan kursi teras buatan mebel jepara
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar