Jumat, 04 Oktober 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS 1




Hasanah Yusriyah
Npm 23213968
kelas 1EB18

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang banyak.
 
Jenis-jenis Bisnis

Bisnis dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan jenis kegiatannya : (1) Bisnis ekstraktif; (2) Bisnis agraris; (3) Bisnis industry; (4) Bisnis jasa;
Dapat juga berkembang menjadi 9 macam kegiatan, yaitu : usaha pertanian, produksi bahan mentah, pabrik / manufaktur, konstruksi, usaha perdagangan besar dan kecil, transportasi dan komunikasi, usaha financial, asuransi, dan real estate, usaha jasa, dan usaha yang dilakukan oleh pemerintah.
Bisnis dibedakan menjadi 4 macam kegunaan : (1) kegunaan bentuk / form utility; (2) kegunaan tempat / place utility; (3) kegunaan waktu / time utility; (4) kegunaan pemilikan / possession utility.

Tujuan Kebijakan Bisnis

A. Melindungi Usaha Kecil Menengah (UKM)
B. Melindungi lingkungan hidup sekitarnya
C. Melindungi konsumen
D. Pendapatan Negara

Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
  • Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

  •  Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
·         Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi.

Kesempatan Bisnis atau Usaha

Dalam dunia bisnis, setiap peluang dan kesempatan yang bisa dimanfaatkan dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi finansial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan digeluti.

Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
  • Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
  • Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
  • Cara-cara berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.

Hakikat Bisnis

Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.
Orang yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis di sebut entrepreneur.

Mengapa Belajar Bisnis

Menurut saya sendiri mempelajari bisnis itu penting karena dengan adanya ilmu bisnis  kita pasti akan lebih mudah untuk menjalani bisnis yang akan kita bangun dimasa depan nanti,bahkan dengan adanya ilmu bisnis ini kita juga dapat mengetahui dampak-dampak positif maupun negatif dari bisnis yang akan kita jalani.



  Dan hal berikut ini mengenai bisnis yaitu tiga kunci wirausaha membuat konsumen loyal
Ketika memutuskan untuk berwirausaha, mencari konsumen di saat memulai bisnis sangat sulit. Membangun kesadaran masyarakat agar produk kita dikenal merupakan kunci sukses dalam bisnis.

Mendapatkan kepercayaan konsumen dapat dimulai dengan kejujuran dan keyakinan bahwa mereka dapat bergantung pada bisnis Anda dan Anda memberikan kepada konsumen seperti yang dijanjikan.

Berikut, seperti dikutip dari laman BlackEnterprise, Rabu 13 Februari 2013, tiga prinsip yang harus dilakukan agar konsumen loyal:

1. Lakukan yang terbaik

Konsumen selalu memperhatikan detail dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh Anda. Konsumen akan percaya kepada perusahaan Anda, ketika semua yang mereka inginkan dapat dipenuhi oleh Anda. Perusahaan Anda harus menyajikan produk atau pelayanan terbaik untuk konsumen.

2. Transparan

Dalam hidup, orang menjadi cemas ketika ada informasi yang dirahasiakan dari orang tersebut. Hal tersebut dapat diaplikasikan dalam usaha kecil Anda, di mana pelanggan dapat mengenal dengan baik perusahaan Anda.

Jika Anda melakukan kesalahan, jujurlah kepada para konsumen dan upayakan untuk memperbaiki hal tersebut secara cepat dan baik. Gunakan berbagai media sosial yang tersedia untuk menjelaskan masalah keterlambatan ataupun gangguan produk dan layanan yang terjadi.

Memberikan pesan langsung dari sumbernya kepada para konsumen dan pastikan setiap karyawan dapat menjawab pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan gangguan produksi.

3. Komitmen

Hubungan antara konsumen dengan bisnis Anda dibangun dari waktu ke waktu, sehingga komitmen Anda dalam menjalankan bisnis sangat penting bagi konsumen. Anda secara pribadi harus berinvestasi dengan konsumen, karena konsumen berinvestasi dengan membeli produk dan jasa mereka.

 Daya Tarik Bisnis

Indonesia sebagai Negara agraris dan maritime sangat ketinggalan dalam hal motivasi bergerak di bidang bisnis. Mengapa ? secara psikologis masyarakat di Indonesia merasa lebih berharga / bermartabat bila bekerja sebagai pegawai (terutama PNS) walaupun bergaji kecil. Padahal pebisnis bisa memiliki penghasilan lebih dibanding pegawai dan bahkan memiliki pegawai (karena pebisnis mengembangkan usahanya dan membutuhkan bantuan oranglain).
Faktor kontinuitas bisnis adalah : (sumber Buchari Alma : Pengantar Bisnis)
1. Likuiditas, yaitu kemampuan bisnis membayar utang-utang pada saat jatuh tempo. Likuiditas juga berarti mampu menjaga kelancaran proses produksi agar suplai hasil produksi lancer;
2. Solvabilitas, yaitu berusaha agar modal sendiri / asset bisnis lebih besar dari utangnya;
3. Soliditas, yaitu kemampuan bisnis untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan meliputi moral pengelola bisnis, tepat dalam berjanji, dan dipercaya dalam bidang keuangan;
4. Rentabilitas, yaitu bisnis mampu memperoleh keuntungan yang layak tidak merugi;
5. Crediet Waardigheid, yaitu bisnis dipercaya sehingga layak memperoleh kredit / pinjaman.

Peluang-peluang dalam Bisnis

Jika anda seorang mahasiswa, kelak akan terjun ke dunia bisnis maka mulailah menekuninya sejak sekarang. Mulailah belajar memikul tanggung jawab, latihlah keterampilan dan keahlian anda. Galilah bermacam pengalaman dari tingkat yang paling sederhana. Semua usaha tersebut akan menjadikan anda memiliki pondasi yang kuat mencapai tingkat yang lebih tinggi / professional.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar